Friday, January 1, 2010

bulan

Bulan Biru Akan Muncul pada Kamis E-mail
Written by Redaksi Web
Wednesday, 30 December 2009 09:56

Bulan biru akan muncul di langit malam, pada Kamis (31/12) mendatang. Blue Moon itu muncul terakhir kali pada 2007. Blue Moon merupakan istilah untuk bulan penuh kedua dalam satu bulan. Bulan purnama pertama itu sudah terjadi pada 2 Desember lalu.


Ungkapan Blue Moon tidak ada hubungannya dengan warna permukaan bulan, jelas Conrad Jung, staf Chabot astronom di Space & Science Center di Oakland. "Itu hanya istilah sehari-hari, yang berarti sangat sangat langka," katanya. "Ini bukan fenomena yang sering terjadi," Jung menambahkan. "Ini agak esoterik. Saya tidak mendapatkan banyak pertanyaan tentang bulan biru."


Pada awal abad yang lalu, bulan biru dianggap sebagai tiga musim dengan empat bulan penuh, tidak peduli kapan munculnya, katanya. Budaya agraris lebih memperhatikan bulan purnama, karena penerangan malam hari bisa memperpanjang hari kerja selama musim tanam dan panen, Jung menjelaskan. Bulan purnama September misalnya, dikenal sebagai Harvest Moon di Amerika Serikat.


Blue Moon dapat memiliki warna biru jika dilihat melalui debu di atmosfer dari abu vulkanik. Namun, Jung tidak percaya letusan Gunung Mayon di Filipina baru-baru ini akan memiliki efek warna Blue Moon pada Kamis mendatang.

0 comments:

X-BOX BLOGGER TEMPLATE | x-template